Momen Ramadhan Yang Hilang

3 Jun 2017

Hallo semuanya, kali ini mimin hadir kembali dengan membawakan sebuah artikel tentang momen-momen seru saat bulan puasa yang mulai hilang dan hanya bisa di rasakan oleh anak generasi 90an sampai generasi awal 2000an.

Sebelumnya kita ketahui bersama kalau saat ini kita semua telah menginjak bulan Ramadan atau bulan puasa. Untuk kalian yang lahir di tahun 90an sampai awal 2000an apakah kalian masih ingat dengan masa kecil kalian? Di masa kecil kalian hal apa yang paling kalian ingat dan paling melekat di pikiran kalian saat bulan Ramadan guys? Pasti PETASAN yang ada di pikiran kalian. Karna dahulu Petasan memang menjadi sebuah icon di bulan Ramadan. Setiap bulan Ramadan tiba petasan atau mercon sudah mudah sekali untuk di jumpai. Meskipun petasan di larang tapi anak anak jaman dulu masih nekat memainkanya. Sebenarnya Selain petasan masih banyak lagi momen-momen menyenangkan lainya yang dirasakan oleh anak tahun 90an-2000an.

Nah sesuai judul artikel mimin di atas maka sekarang mimin akan membagikan apa saja momen-momen menyenangkan saat bulan Ramadan di era tahun 90an sampai awal 2000an yang sudah sulit di temui atau di jumpai di jaman sekarang ini. Ini dia guys,

#Pesantren Kilat

Image: aradechoco.com

Menjelang bulan Ramadan kegiatan paling khas bahkan bisa di bilang wajib di laksanakan adalah kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ini biasanya di laksanakan di sekolah-sekokah maupun di kampung-kamung. 

Image: m.dream.co.id

Dahulu kegiatan pesantren kilat sangat dinanti-nantikan oleh anak anak jama dulu, Karna kegiatan tersebut selain mempelajari ilmu agama, belajar mengaji, biyasanya juga di isi dengan lomba-lomba yang ada kaitanya dengan agama pastinya. Murid-murid sekolah jaman dulu sangat antusias dengan kegiatan ini. Di kampung-kampung pun demikian, setiap sore biyasanya mereka memulai pesantren kilat tersebut. Namu sayang, semakin berkembangnya jaman belakangan ini  tren yang ikut pesantren kilat sangat menurun.

Image: m.dream.co.id

#Buku Ramadan

Image: m.dream.co.id

Masih ingatkah kalian dulu pas masih sekolah di setiap bulan Ramadan tiba pasti kalian di beri buku Ramadan oleh sekolah. Melalui buku tersebut kalian di beri tugas untuk mengisi aktivitas salat 5 waktu kalian. Jadi dengan buku tersebut bisa ketahuan siapa yang solatnya rajin dan bolong bolong. Dengan buku tersebut mereka juga di suruh untuk mengisi batal tidaknya puasa, dan tarawih. Dan  Momen paling menarik yaitu saat ngantri meminta tanda-tangan penceramah.

Jaman dulu pun sudah ada anak-anak yang bandel guys, mereka memalsukan tanda tangan dan mengisi kegiatan Ramadan tidak sesuai dengan yang mereka kerjakan

Image: m.dream.co.id

 Tapi Sayang guys, pelajar sekarang jarang yang dapat buku Ramadan lagi. Kalaupun ada pihak sekolah yang ngasih biasanya jarang diisi.

#Ramai-ramai Membangunkan Sahur saat Ramadan

Image: m.dream.co.id 

Anak generasi 90-an atau awal tahun 2000-an biasanya rajin bangun lebih pagi saat bulan Ramadan. Mereka bangun lebih awal dari waktu sahur, mereka bangun lebih awal karna ingin turut memeriahkan kegiatan membangunkan orang-orang ketika sahur. Biasanya kegiatan ini harus membawa semacam alat seperti kentongan yang berfungsi untuk meramaikan suasana sambil berteriak “sahuuur, sahuuuur”, kegiatan ini biasanya di ikuti oleh orang banyak sehingga suasana terasa begitu meriah. Namun sayang, di jaman sekarang kegiatan seperti ini sudah jarang sekali di temui.

Image: hasanzainuddin.wordpress.com

#Bermain Petasan atau Sejenisnya

Image: m.dream.co.id

Jaman 90an-awal 2000an saat bulan puasa tanpa petasan kayaknya rasanya ada yang kurang dan entah kenapa dulu pas bulan Ramadan tanpa petasan bulan Ramadan tersebut terasa hambar tidak meriah. Padahal waktu itu petasan juga sudah di larang pemerintah, tapi belum se ketat sekarang ini sih guys. Meskipun sudah ada larangan tapi jaman dulu masih mudah sekali guys menemukan segala jenis petasan, tapi untuk jaman sekarang peredaran petasan sangat di awasi guys, polisi pun bertindak tegas jika ada oknum yang ertangkap basah menjual petasan, Karna petasan sendiri sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Anak anak jaman dulu sih biyasanya bermain petasan  saat subuh setelah salat subuh di masjid, setelah tarawih, atau di siang hari. Jenis petasan paling favorit yang di mainkan anak jaman dulu adalah petasan korek guys.

Image: m.dream.co.id

Dan jika siang hari anak-anak jaman dulu memainkan petasan jenis meriam guys, meriam tersebut terbuat dari bambu yang di isi dengan minyak tanah. Jaman sekarang anak-anak sudah jarang sekali memainkan petasan atau meriam jenis ini, karna sekarang harga minyak tanah sendiri sangat mahal. Tapi semakin berkembangnya jaman sekarang sudah ada pengganti meriam dari bambu yaitu terbuat dari kaleng dengan menggunakan bahan bakar spirtus.

Image: suarasurabaya.net

#Jalan-jalan Ketika Subuh

Image: m.dream.co.id

kalian masih ingat guys masa kecil kalian saat bulan puasa tepatnya setelah solat subuh berjamaah, biyasanya setelah solat subuh anak-anak jaman dulu jalan-jalan bersama sambil bermain petasan untuk meramaikan suasana.

Image: aradechoco.com

Dan untuk anak yang sudah menginjak usia remaja mereka melakukan jalan jalan Selain karna sehat, acara jalan-jalan subuh juga sering dijadikan ajang mencari jodoh oleh remaja generasi saat itu. Kalau sekarang sih, remaja cari jodohnya cukup pakai aplikas, bener gak guys???

Image: Menatapaceh.com 

# Main Monopoli atau Sejenisnya

Image: aradechoco.com

Dan untuk permainan yang tak mungkin ketinggalan saat bulan puasa di era 90an-awal 2000an salah satunya yaitu permainan monopoli, anak jaman dulu sangat gemar sekali bermain permainan ini. Permainan ini biyasanya di mainkan maksimal 4 orang, mereka berkompetisi untuk menjadi siapa yang paling kaya dan berkuasa. Meskipun hanya sebuah permainan, anak jaman dahulu sudah senang banget jika menjadi orang paling kaya di antara temanya alias jadi pemenagnya. Jaman dulu permainan ini di jadikan sebagai ajang untuk ngabuburit guys. Untuk di jaman sekarang kayaknya sudah jarang sih bermain monopoli ber ramai-ramai bersama temanya, kalau anak jaman sekarang main monopoli cukup di android, komputer dll. Bahkan anak sekarang lebih suka main PS, main HP atau tablet, dan pergi ke warnet untuk ngabuburit.

Itulah guys beberapa moment-moment anak jaman 90an- awal 2000an saat bulan Ramadan yang sudah mulai memudar dan susah di jumpai di jaman sekarang ini, sebenarnya masih banyak moment-moment dan permainan seru lainya yang sudah mulai terlupakan guys, namu saat ini mimin bagikan itu dulu guys, nantikan postingan-postingan mimin selanjutnya.

 


TAGS Opini Ramadhan


loading...
loading...
-

Search

News